Powered By Blogger

unique hits
Speed Dating Sites

Senin, 24 Januari 2011

Windows Azure VS Google Chrome


Kali ini google akan meramaikan persaingan dengan perusahaan penyedia OS seperti Microsoft, Apple, dan semua Distro Linux dengan menggunakan OS yang akan dikembangkan pada tahun 2010 ini yaitu Google Chrome OS. Menurut kabarnya Google kali ini telah siap untuk bersaing dengan microsoft. Dulunya Google pernah bersaing dengan microsoft dibidang browser yaitu Google Chrome dan pengembangan OS pada SmartPhone yaitu Google Android. Maka dari itu kini Google siap untuk bermain-main dengan OS-nya. Ada beberapa kabar Google Chrome akan dirilis pada kuartal kedua tahun 2010.

Sebelum membuat Google Chrome OS, Google telah melansir terlebih dahulu OS milik SmartPhone yaitu Google Android. Lalu apakah Google Chrome perkembangan dari Android? Bukan, Pada dasarnya Android diciptakan untuk platform mobile sedangkan Google Chrome OS diperuntukkan untuk Netbook.

Google Chrome mempunyai beberapa fitur teknologi seperti teknologi HTML 5, sehingga pengguna tidak perlu khawatir akan jika pengguna menjalankan aplikasi web, tapi tidak terhubung ke Internet.

Google Chrome OS dapat berjalan pada prosesor x86 dan ARM,jadi netbook dengan prosesor intel atom,smartbook dengan chip Nvidia Tegra,atau Qualcomm Snapdragon hingga netbook dengan platform AMD Neo dapat menggunakan Google Chrome OS.Google juga melansir bahwa Chrome OS dapat dijalankan untuk komputer dengan energi rendah seperti netbook hingga komputer desktop dengan energi berlimpah.

Google Chrome OS ini bersifat Open Sources sehingga tersedia kode yang dapat dikembangkan oleh pengguna. Pengembangan OS dapat dilakukan pada akhir tahun ini dan diprediksi akan diterapkan pada Netbook pada akhir semester kedua tahun 2010. Maka dari itu dapat dikatakan Google telah meminta komunitas open source untuk membantu mereka mengingat proyek ini dibangun di atas kernel Linux yang sifatnya terbuka.

Lalu bagaimana dengan microsoft?

Ternyata microsoft tidak mau ketinggalan dengan Google, mereka membuat sebuah Windows versi baru yaitu windows penyempurna dari windows-windows sebelumnya yang diberi nama Windows Azure. Windows Azure adalah Sistem Operasi yang memanfaatkan konsep Cloud computing alias berkomputer dengan memanfaatkan internet. Sehingga dapat dikatakan bahwa aplikasi yang dijalankan pada DataCenter Microsoft dan bukan pada Server sebuah perusahaan, maka dari itu pengguna hanya bisa memanfaatkan aplikasi itu asalkan terhubung dengan internet.

Windows Azure dapat membuat dan Host aplikasi web dan layanan yang cepat skala atas atau bawah, tergantung pada tuntutan bisnis. Selain itu juga, Windows Azure dapat dikembangkan dengan mengandalkan kemampuan Microsoft Visual Studio ®.

Manfaat dari Windows Azure yaitu Agility, Efficiency, Focus, Simplicity, dan Trustworthy.

Lalu bagaimana dengan fiturnya, Windows Azure dapat menangani load balancing, manajemen sumber daya dan manajemen siklus hidup dari layanan awan berdasarkan kebutuhan bahwa pemilik layanan tersebut ditetapkan. Sedangkan dalam layanan penyimpanan, Windows Azure menyediakan jasa penyimpanan persisten, penyimpanan tahan lama di cloud (awan).

Kebutuhan Hardware Komputer

Ukuran

CPU

Memory

Storage

Kinerja I/O

Small

1.6 GHz

1.75 GB

225 GB

Moderate

Medium

2 x 1.6 GHz

3.5 GB

490 GB

High

Large

4 x 1.6 GHz

7 GB

1,000 GB

High

Extra large

8 x 1.6 GHz

14 GB

2,040 GB

High


untuk lebih jelas silahkan klik disini.


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tag